Artikel Terbaru

twitter

Rabu, 19 Juni 2013

Dalil sodakoh dan hikmahnya

1. Surat albaqoroh ayat 261 yang artinya "perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya di jalan allah serupa dengan satu biji yang menumbuhkan 7 butir pada tiap-tiap butir seratus biji, dan allah melipatgandakan ganjaran bagi orang yang di kehendakinya".
2. Surat albaqoroh ayat 276 yang artinya "allah memusnahkan riba dan menyuburkan sodakoh".
3. Surat albaqoroh ayat 245 yang artinya "siapakah yang mau memberi pinjaman kepada allah,pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan allah) maka allah akan melipat gandakan pemberian kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan allah yang menyempitkan dan melapangkan rijki.dan kepadanyalah kamu sekalian di kembalikan".
4. Surat al-imran ayat 92 yang artinya "kamu sekali2 takkan sampai kepada kebajikan ( yang sempurna) sebelum menafkahkan sebagian harta kamu yang kamu cintai.dan apa-apa yang telah kamu nafkahkan maka sesungguhnya allah itu maha mengetahui".
5. Al-imran ayat 180 yang artinya " sekali2 janganlah orang2 yang bahil (kikir) dengan harta yang telah allah berikan kepada mereka menyangka (mengira) bahwa kebahilan itu baik bagi mereka.sesungguhnya kebahilan itu buruk bagi mereka.harta yang mereka bahilkan kelak akan di kalungkan kepada leher mereka di hari kiyamat.dan kepunyaan allah segaka yang ada (warisan) di langit dan dibumi dan allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan".
6. Surat addzariyat ayat 19 yang artinya "dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak dapat bagian".

~ hadis
1. Rosululloh saw bersabda : hashinuu amwaalakum bijjakaati daawuu amroodhokum bishodakoh
artinya : bentengilah harta2mu dengan jakat dan obatilah orang2 sakitmu dengan sodakoh.
2. Nabi muhammad saw bersabda : maa min yaumin yushbihul ibaadu fiihi illa malakaani yanzilaani fayakuulu ahaduhumaa : allohuma a'athi munfiqaan kholafaan. Wayakuulul akhor: allahuma a'ti mumsyikan talafaan.
Yang artinya: setiap waktu subuh dua malaikat datang untuk mendoakan hamba2 alloh yang ada di muka bumi ini.salah satu berdoa: ya allah berikan ganti bagi orang2 yang menafkahkan hartanya, yang satu lagi berdoa: ya allah berikanlah kerugian atau kerusakan bagi orang yang tidak mau mensodakohkan hartanya.
2. Rosulullah saw bersabda: baakiruu bishodakoh fainnal balaa-a laa yatajawazuhaa.
Artinya : bersegeralah kalian shodakoh maka sesungguhnya bala (cobaan) tidak akan bisa melewatinya (menimpa kalian)
4. Rosulullah bersabda yang artinya : barang siapa yang memiliki harta maka bersodakohlah dengan hartanya,barang siapa yang memiliki ilmu maka bersodakohlah dengan ilmunya,dan barang siapa yang memiliki kekuatan maka bersodakohlah dengan kekuatanya.
4. Rosulullah saw bersabda yang artinya: sesungguhnya allah ajawajala memberi rijki sesuai dengan banyaknya nafkah yang di berikan kepada keluarganya dan allah memberikan sifat sabar kepada seseorang sesuai dengan tingkat bencana yang di hadapinya.
5. Rosulullah saw bersabda yang artinya : hendaklah kamu sekalian saling memberi hadiah makanan sesama kalian,karena perbuatan tersebut akan memperbanyak rijki kalian.
6. Rosulullah saw bersabda yang artinya : pintu rijki terbuka sampai pintu aras,allah menurunkan kepada hambanya bagian rijki mereka sesuai dengan banyaknya sodakoh mereka.barang siapa yang sedikit mengeluarkan sodakoh maka allah akan memberinya rijki sedikit,dan barang siapa yang banyak mengeluarkan sodakoh maka allah akan memberinya rijki yang banyak.
~ perkataan ulama tentang sodakoh
1. Alfakih abu lais samarqondi R.A berkata yang artinya : bersodakohlah kamu baik sedikit maupun banyak karena di dalam sodakoh ada 10 macam hikmah,yang 5 di dunia dan 5 lagi di akherat.
~ adapun hikmah sodakoh yang 5 di dunia adalah:
1- membersihkan harta kita. Sabda rosululloh saw : ingatlah bahwasanya akad jual beli itu mendatangkan perkara yang tidak berguna,sumpah palsu dan bohong,maka bertobatlah dengan sodakoh.
2- membersihkan badan dari beberapa dosa.
Allah berfirman : ambilah sebagian dari harta mereka sebagai sodakoh yang bisa membersihkan mereka dan mensucikanya.
3- menolak bala dan sakit
4- memberikan kesenangan thd orang miskin
5- harta berkah dan banyak rijkinya.
~ adapun hikmah sodakoh yang 5 lagi di akherat adalah:
1. Sebagai penyejuk tempat teduh dari panas api neraka
2. Mempercepat hitungan amal
3. Memberatkan hitungan amal
4. Mempermudah melewati sirotol mustakim
5. Bertambah derajatnya di surga.

2. Umar abdul aziz berkata : bersodakohlah kalian. Sesungguhnya ada satu riwayat yang menyatakan bahwa sesungguhnya sholat dapat menyampaikan hamba pada setengah jalan,dan puasa dapat menyampaikan pada pintu raja (allah) dan dengan sodakoh bisa masuk/sampai pada raja
3. Anfiik maa fiil zaebi ya'ti maa fiil ghaibi ( nafkahkanlah apa2 yang ada di saku mu,maka senantiasa akan datang perkara yang tidak di sangka-sangka.
4. Anfiik yunfak alaika : memberilah kamu maka senantiasa akan di beri.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More